CARI DI SINI !

Google

Monday, March 3, 2008

DINAMIKA KELOMPOK

Dinamika Kelompok menunjuk seperangkap konsep yang dapat dipergunakan untuk melukiskan proses-proses kelompok, oleh karenannya konsep-konsep tersebut dapat pula dipakai untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna untuk meningkatkan kualitas kelompok dalam arti meningkatkan iklimnya maupun produktivitasnya.
Dinamika kelompok bersifat deskriptif, artinya tidak ada dinamika kelompok yang “baik” maupun yang “buruk”.
Dinamika kelompok pada hakikatnya adalah sistem sosial yang merupakan interaksi dinamis antara aturan dan harapan [institution- role-expectations], disatu pihak juga merupakan hakikat kebutuhan pribadi [individual - personality - needs]. Keduanya selalu terjalin dalam hubungan transaksional untuk terbinannya kelompok yang kohesif dan produktif, sebab kesamaan wawasan diantara anggota-anggotanya yang berlaianan peranan itu merupakan landasan terciptanya kehangatan kebersamaan serta kemantapan usaha pencapaian tujuan (group-climate-intention)

Kelompok adalah bentuk gugusan kerja yang harus diorganisasikan dan dikelola secara khusus. Beranggotakan individu-individu dan diorganisasikan untuk bekerja sama.
KELOMPOK YANG DINUANSAI DINAMIKA:
Keberadaan kelompok dicipta bukan untuk menghancurkan kelompok lain di dalam oraganisasi, melainkan dicipta untuk memainkan peran dalam melawan :

  • Pemborosan
  • Kualitas kerja organisasi yang buruk
  • Pola interaksi yang lamban/ produktivitas kinerja rendah
  • Memahami organisasi
Jika anda tertarik dapat Klik "Dinamika"

No comments: