CARI DI SINI !

Google

Monday, March 3, 2008

DISKUSI DAN ETIKANYA

DIskusi merupakan aktivitas yang biasa dilakukan dalam berbagai lapangan seperti dalam dunia politik, kegiatan social, organisasi, kebudayaan maupun dalam dunia busnis. Dari makna kata Diskusi dapat diperoleh pemahaman bahwa didalamnya akan terlibat lebih dari satu orang. Dengan demikian Diskusi selalu terjadi percakapan-percakapan/komunikasi dalam kelompok, baik kelompok besar maupun kelompok kecil. Diskusi mematok syarat-syarat sebagai berikut :
  • Melibatkan kelompok
  • Berlangsung dalam interaksi tatap muka yang informal, yang berarti bahwa semua anggota kelompok harus terlibat dan mendapat kesempatan melihat, mendengar, serta berkomunikasi secara bebas dan langsung.
  • Mempunyai tujuan yang dicapai dengan kerja sama antar anggota kelompok
  • Berlangsung menurut proses yang teratur dan sistematis, menuju suatu kesimpulan.
    Dari syarat tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Diskusi adalah suatu proses yang teratur melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan tujuan berbagi pengalaman atau informasi, mengambil keputusan atau memecahkan suatu masalah

Terminologi Diskusi

ecara umum makna diskusi adalah suatu proses dialogis yang melibatkan dua atau lebih individu yang saling berinteraksi secara verbal dan saling berhadapan muka mempunyai tujuan atau sasaran yang sudah tertentu melalui cara tukar menukar informasi (information sharing ) mempertahakan pendapat (self maintenance), atau pemecahan masalah (Problem solving).
Dari makna tersebut bila dikaitkan dengan dunia organisasi kemahasiswaan maka informasi dan pemecahan masalah, adalah informasi-informasi yang bernuasakan keorganisasian.
INGIN BACA LEBIH LANJUT KLIK "DISKUSI"

No comments: